NEWSTICKER
Home / Berita Utama / Pembekalan Para Penyuluh Pertanian Baru Dinas TPH Kab. Banjar

Pembekalan Para Penyuluh Pertanian Baru Dinas TPH Kab. Banjar

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura melaksanakan kegiatan pembekalan kepada para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021. Mereka merupakan CPNS Kabupaten Banjar  formasi penyuluh pertanian yang telah lulus mengikuti tes CPNS yang diadakan pada tahun 2019 yang lalu . Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura sendiri mendapatkan kuota CPNS sebanyak 13 orang.

Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para CPNS tentang Tugas dan Fungsi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) penyuluh pertanian sebelum ditempatkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada dikecamatan.

Kegiatan Pembekalan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Januari 2021 sampai dengan tanggal 29 Januari 2021. Kegiatan diawali dengan pembekalan oleh Bidang yang telah ditunjuk mengisi materi di Aula Dinas kemudian siang hari peserta dibagi ke bidang dan sekretariat untuk mendapatkan pengalaman dan pendampingan.

Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. H. Eddy Hasby, MP menaruh harapan yang besar kepada pada CPNS pesan kepada seluruh CPNS. “Kepada Seluruh CPNS yang terpilih sebagai penyuluh pertanian di Kab. Banjar, Kami memiliki harapan yang sangat besar dengan keberadaan bapak, ibu sebagai PPL yang akan ditempatkan di Kecamatan dan membina petani yang tergabung dalam poktan dan gapoktan” katanya.

“Pembinaan yang akan dilakukan adalah pembinaan Vokasi kepada lembaga yang dibentuk oleh masyarakat petani. Lembaga tersebut selain poktan dan gapoktan adalah UPJA, KWT, KEP, dan BUMD”, tambahnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa sebagai penyuluh pertanian ada tupoksi yang wajib diketahui yaitu dalam kegiatan penyuluhan ada namanya kegiatan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Semua itu harus dikerjakan dengan baik. Dengan adanya pembekalan ini diharapkan dapat menjadi wawasan bekal awal para CPNS Penyuluh Pertanian turun ke lapangan nantinya.

Check Also

KAB. BANJAR SIAP MEMBANGUN KEMBALI AGRIBISNIS JERUK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pengembangan berbagai …