NEWSTICKER
Home / Berita Utama / KTNA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN GELAR PEKAN DAERAH (PEDA) I DI BINUANG TAPIN

KTNA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN GELAR PEKAN DAERAH (PEDA) I DI BINUANG TAPIN

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Selatan membuka sejarah baru yakni dengan menggelar Pekan Daerah (PEDA) untuk pertama kalinya dilokasi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) di Binuang, Tapin.

Acara PEDA I ini dibuka pada oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan H. Abdul Hari Makkie yang pada kesempatan ini mewakili Gubernur Kalsel Paman Birin di area Sirkuit Balipat Binuang pada hari Sabtu (16/19). Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Dinas TPH Prov.Kalimantan Selatan, Bupati Tapin, Kadis Pertanian Tapin, Sekjen KTNA Nasional, Dandim, Ketua Perhiptani Kalsel, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan para peserta KTNA Lainnya.

Dalam sambutanya Ketua KTNA Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Muharram mengatakan Kegiatan PEDA I ini diadakan dengan persiapan yang paling singkat diantara persiapan PEDA lainnya.

“Persiapan PEDA pertama ini merupakan persiapan yang paling singkat dari persiapan semua peda yang ada di Seluruh daerah Indonesia. Biasanya Pekan Daerah itu dipersiapkan minimal 1 tahun sebelumnya, bahkan sampai 3 tahun sebelumnya ”.

Drs. Muharram juga menyebutkan bahwa kegiatan PEDA ini diadakan guna mempersiapkan Pekan Nasional Petani (PENAS) yang rencananya akan diadakan di Padang Sumatera Barat pada tanggal 20-25 Juni tahun 2020 yang akan datang.

Di kesempatan yang sama Sekda Prov.Kalsel Abdul Haris Makkie menyampaikan pesan dari Paman Birin mengatakan, Kegiatan ini merupakan forum komunikasi antara petani nelayan dengan pemerintah daerah khususnya dengan Gubernur. Selain itu dengan kegiatan ini pula dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan program terkait dengan pembangunan pertanian dan penyampaian umpan balik yang berupa aspirasi dari petani.

“Pak Gubernur berharap dengan diselenggarakannya PEDA KTNA ini dapat meningkatkan peran Kalimantan Selatan dibidang nasional baik dibidang pertanian maupun perikanan,”

“Mudah-mudahan momentum ini dapat membangkitkan semangat kita untuk terus mengembangkan sektor pertanian demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat daya saing yang kuat” ucapnya.

Dalam acara tersebut, seperti yang disampaikan dalam sambutan diatas bahwa kegiatan ini merupakan momen untuk komunikasi antara pemerintah daerah dengan petani, sehingga dalam kegiatan tersebut diadakan acara penyampaian aspirasi dari para petani dengan pemerintah daerah yang nantinya akan disampaikan kepada Gubernur. Acara penyampaian aspirasi tersebut diwakilkan oleh beberapa organisasi diantaranya ada Organisasi Pemuda Tani, Ikamaja,Perhiptani dan Wanita Tani.

Acara PEDA I ini rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari yakni mulai dari tanggal 16 – 20 November dengan kegiatan diantaranya ada lomba unjuk tangkas petani, rembug utama, Gelar Teknologi, Temu Profesi Perhiptani, dan Tematik serta pameran hasil pertanian dari para petani dan para pengusaha dibidang pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang kali ini diwaklikan oleh Kepala Bidang Penyuluh Pertanian  Ir. Hj. Retno Sri Murwani, MP mengatakan bahwa Dinas TPH Kab. Banjar mendukung penuh kegiatan PEDA I ini. Ada beberapa anggota KTNA dan pemuda tani yang ikut berpartisipasi aktif mengikuti semua rangkaian kegiatan.

“ Harapannya dengan adanya PEDA ini diharapkan mampu memotivasi KTNA Kab. Banjar untuk lebih berperan Aktif dalam pembangunan pertanian di Kab. Banjar”

Kabupaten Banjar sendiri mengirimkan kurang lebih 25 orang perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tersebut yang terdiri dari anggota KTNA dan para penyuluh pertanian. (toleedy)

Check Also

KAB. BANJAR SIAP MEMBANGUN KEMBALI AGRIBISNIS JERUK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pengembangan berbagai …