NEWSTICKER
Home / Berita Utama / RIBUAN BIBIT PISANG HASIL KULTUR JARINGAN SIAP DILEPAS KEPASARAN

RIBUAN BIBIT PISANG HASIL KULTUR JARINGAN SIAP DILEPAS KEPASARAN

Pembiakkan pisang melalui teknik kultur jaringan terus diintensifkan UPT Balai Benih, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar.

Saat ini sedikitnya ada 2.000 batang bibit pisang kultur yang siap dilepas ke pasar. “Ada dua jenis yang kami biakkan yakni pisang talas dan pisang kepok,” sebut Kepala UPT Balai Benih Lily Marlina, Kamis (08/11/2018).

Ia mengatakan harga jual bibit pisang kultur hasil biakkannya standar umum dan masih cukup terjangkau. “Cuma Rp 11.000 per batang,” sebut Lily.

Ditegaskannya harga tersebut bahkan bisa dibilang murah karena bibit pisang hasil biakkan di laboratorium Balai Benih berkualitas tinggi. Apalagi proses pembiakannya dikakukan dalam ruangan yang bersih (higienis) dan ditangani tenaga terampil.

Selama ini pun bibit pisang kultur jaringan produksi UPT Balai Benih Dinas TPH Banjar mulai banyak terserap pasar. “Di antaranya ada yang terserap ke Pelaihari (Tanahlait), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), dan ke Barabai (Hulu Sungai Tengah). Ada yang mengambil sebanyak 2.000 batang,”.

Hingga saat ini, lanjutnya, pihaknya terus melakukan pembiakkan. Bahkan sejak beberapa bulan lalu juga mulai mencoba membiakkan anggrek bulan (phaaenopsis amabilis), dendrobium, dan vanda.(Rz/Lia)

Check Also

KAB. BANJAR SIAP MEMBANGUN KEMBALI AGRIBISNIS JERUK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pengembangan berbagai …