NEWSTICKER
Home / Berita Utama / UPT BALAI BENIH DINAS TPH KAB BANJAR KEMBANGKAN ANGGREK DENGAN SISTEM KULTUR JARINGAN

UPT BALAI BENIH DINAS TPH KAB BANJAR KEMBANGKAN ANGGREK DENGAN SISTEM KULTUR JARINGAN

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang sering di budidayakan untuk dinikmati keindahan dan kecantikan bunganya. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula jenis dan spesies anggrek yang baru sebab banyak ahli yang berusaha mempersilangkan antara anggrek satu dengan anggrek yang lainnya sehingga dihasilkan tanaman anggrek spesies jenis baru. Terdapat berbagai jenis tanaman anggrek dengan karakteristik-karakteristik keunikan yang dapat memikat indera penglihatan kita. Tak heran jika banyak orang menjadi penggemar anggrek.

Pembudidayaan tanaman anggrek cukup gampang-gampang susah. Teknik pengembangbiakan anggrek menggunakan teknik kultur jaringan. Kultur jaringan adalah salah satu contoh perkembangbiakan vegetatif. Kultur jaringan merupakan salah satu teknik pemanfaatan totipotensi. Totipotensi merupakan kemampuan suatu sel pada setiap organ untuk berpotensi tumbuh dan berkembang menjadi individu baru . Kultur jaringan ialah teknik perbanyakan tanaman melalui pengisolasian sel bagian tanaman (daun, akar, batang, maupun mata tunas) untuk ditumbuhkan disuatu media buatan  yang telah diberi nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam suatu tempat (botol) tertutup yang tembus cahaya.

Teknologi kultur jaringan yang dikembangkan di UPT Balai Benih Dinas TPH Kabupaten Banjar juga membudidayakan angrek.  Beberapa jenis anggrek seperti anggrek bulan, anggrek hitam dan beberapa jenis anggrek langka dikembangkan di tempat ini. Dengan sistem ini, mereka bisa melestarikan keberadaan anggrek dari kepunahan.  Kepala UPT Balai Benih Dinas TPH Banjar, Lili Marlina memperlihatkan toples kaca berisi anakan angrek bulan.  Melalui sistem kultur jaringan ini, pihaknya bisa menghasilkan banyak anggrek. “Kami budidayakan ini agar masyarakat tidak lagi memburunya di alam. Cukup, membelinya di balai benih,” katanya. (desy/riza)

Check Also

KAB. BANJAR SIAP MEMBANGUN KEMBALI AGRIBISNIS JERUK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pengembangan berbagai …