NEWSTICKER
Home / Berita Utama / KENALKAN PERTANIAN SEJAK USIA DINI

KENALKAN PERTANIAN SEJAK USIA DINI

           

Anak-anak usia 4-6 tahun berpakaian serba orange  turun dari bis sekolah memasuki halaman Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kab. Banjar disambut oleh pihak Balai Benih Tanaman Pangan & Hortikultura (BBTPH) Kab. Banjar dalam hal ini bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi (HIMAGROTEK) FakultasPertanian Universitas Lambung Mangkurat dalam rangka perkenalan pertanian sejak usia dini. Mereka adalah anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD) Aisyah yang beralamat di Desa Tungkaran. Para anak-anak terlihat gembira ketika kedatangannya disambut dengan lagu Selamat datang sayang oleh pihak balaidan Himagrotek.

Anak-anak Paud Aisyah belajar sambal bermain di Kebun BBTPH Kab. Banjar yang mana sesi belajar dan bermain ini dibagi menjadi dua kegiatan yang pertama merek abelajar mengenal beraneka macam jenis buah, warna buah, bentuk buah, dan rasa buah serta belajar bagian-bagian tanaman dari akar, batang, daun, bunga, dan buah dalam hal ini dikemas dalam suatu lagu danger sehingga anak-anak tidak bosan dalam belaja rmengenal bagian-bagian tanaman apa dan dipandu oleh Pihak BBTPH Kab. Banjar selanjutnya kegiatan kedua di panduoleh HIMAGROTEK Faperta ULM anak-anak Paud diberika nkesempatan belajar menanam cabai dalam gelas. Mulaidarimengisidengan media tanam, lalumemberipupukkandanghinggamenanambibitdanmenyiram. Kegiataninimerupakanupayamensukseskan program pemerintah GERTAMCABE (GerekanMenanamCabe) untukmenanggulangimahalnyahargacabedipasaran.

Tidakhanyabelajardibawahpohonanak-anakjugadiajakberkelilingkebun BBTPH kab. Banjarmerekaberkelilingdengangembiradanbernyanyibersamalagupergikekebun. Mulaidarimelihat-lihatanekapohonbuahkoleksi,tanamanbunga, danbibitpisangkulturjaringansampaiberfotodengantraktorbesar. Ketikadiajakmelihatdanberfoto di atastraktormerekaterlihatantusiasuntukmelihatalatdanmesinpertaniantersebut. Selainberfotodengantraktoranak-anakjugadibawakekebunJeruk Siam Banjar kemudiananak-anakmetikbuahnyauntukdibawapulang.

Menurut kepala Dinas TPH Kab. Banjar Ir. Muhammad Fachry, MP pengenalanedukasipertanianmemangharusditerapkansejakdinipadaanak-anaksehinggamemunculkankecintaanterhadappertanian.  Kasubag TU BBTPH kab. Banjar Gt. Rahmatmengatakananak-anakadalah tunas bangsasebagaipeneruspembangunanperludiarahkanpadasebuah mental yang mencintailingkungannya. Kepala DTPH kab. Banjar mengatakanpolapikirsejakkecilharusdiajarkannilai-nilaikebaikan, keberanianuntukbertindak, jugakebijaksanaanmemilihsesuatu, sehinggadiharapakanmampumembentukkarakater   yang baik.  Karenabermuradariitu, marikitaajarkananak-anaksejakusiadinimengenalduniapertaniansebagaibentukkecintaanterhadapalamdanlingkungansekitar

Menurutsalahsatu guru PAUD Aisyahmengakusenanganakmuridnyamengikutikegiatanmengenalpertaniansejakusiadini di kebun BBTPH Kab. Banjar. Menurutnyabanyakkegiatan yang bisaditidaklanjuti di sekolahnanti. “Banyakilmupertanian yang bisa kami petik darisinisehinggabisa kami lakukandisekolahmaupundirumah. (Desy/Nove/Riza)

Check Also

KAB. BANJAR SIAP MEMBANGUN KEMBALI AGRIBISNIS JERUK

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki potensi pengembangan berbagai …