NEWSTICKER
Home / PROFIL KEPALA DINAS

PROFIL KEPALA DINAS

Ir. H.Muhammad Fachry, MP lahir di Martapura pada tanggal 27 Pebruari 1962 merupakan anak pertama dari lima bersaudara, anak dari pasangan suami isteri H.M. Hussin Dahlan (Alm) dan Hj. Gt. Mariana (Alm).  Menikah pada tanggal 09 Oktober 1994 dengan Hj. Noorlaila Safariah (kelahiran di Martapura, 24 April 1969); dan telah dikarunia 3 (tiga) orang anak laki-laki.  Saat ini bertempat tinggal di Jl. Sasaran No.18 A Kelurahan Keraton Martapura.

 Pendidikan yang telah dilalui dari SD, SMP dan SMA ditempuh di Martapura, kemudian setelah tamat SMA pada tahun 1981 melanjutkan keperguruan tinggi pada Fakultas Pertanian UNLAM jurusan Agronomi di Banjarbaru dan lulus pada tahun 1988.

Pada tahun 1989 mengikuti seleksi dan lulus penerimaan CPNS pada Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan dan ditempatkan sebagai staf pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Selatan pada Cabang Dinas Tanah Laut dengan pangkat Penata Muda (III/a).  Seiring dengan era otonomi daerah dimana Cabang Dinas Propinsi dijadikan Dinas di Kabupaten, maka selanjutnya berkarier di Kabupaten Tanah Laut.

Karier pada jabatan struktural mulai Eselon IV b, EselonIV a (Kepala Seksi) sampai Eselon III b (Kasubdin) pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tanah Laut.   Eselon III a sebagai Kepala Kantor Ketahanan Pangan, kemudian diangkat sebagai Staf Ahli Bupati Tanah Laut pada Eselon II b sekaligus merangkap sebagai Plt. Kepala Kantor DUKCAPIL dan kemudian dimutasikan sebagai Assisten Pembangunan dan Kesra (Ass. II) Setda Tanah Laut dengan pangkat Pembina Utama Muda (IV/c) sejak tahun 2000.

Pada tahun 2006 mendapatkan izin belajar dari Bupati Tanah Laut untuk melanjutkan kejenjang Strata 2 pada Pascasarjana Agronomi UNLAM dan lulus pada tahun 2008 dan mendapatkan gelar Magister Pertanian (MP).

Selama berkarier sebagai ASN sudah banyak ditugaskan untuk mengikuti Diklat teknis maupun fungsional terutama berkaitan dengan teknis budidaya tanaman pangan dan hortikultura maupun penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat.  Pelaksanaan diklat tersebut baik didaerah Kalimantan Selatan maupun di luar daerah termasuk juga di Korea Selatan.

Pada tahun 2000 mengajukan pindah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut ke Pemerintah Kabupaten Banjar dengan alasan agar dapat berkumpul dengan keluarga serta ingin mengabdi di daerah kelahiran. Pada Pemerintah Kabupaten Banjar ditempatkan sebagai staf pada Bappeda, kemudian pada tahun 2012 diangkat sebagai Sekretaris Bapeluh (Eselon III a). Pada tahun 2016 kembali dilantik untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Eselon II b) sampai dengan sekarang.

Kegemaran / hobby yang tetap dilakukan sampai saat ini adalah bertani / berkebun, baik tanaman pangan seperti padi dan jagung maupun tanaman hortikultura seperti sayuran dan buah-buahan.