NEWSTICKER
Home / KEPALA SEKSI KELEMBAGAAN DAN KETENAGAAN PENYULUH

KEPALA SEKSI KELEMBAGAAN DAN KETENAGAAN PENYULUH

  1. Ringkasan Tugas Jabatan :

Memimpin seksi dalam kegiatan penyusunan program pembinaan dan petunjuk teknis  penyusunan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan berdasarkan peraturan perundan-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan tertibnya administrasi.

  1. Rincian Tugas Jabatan :
    • Menyusun kegiatan berdasarkan rencana kerja seksi dan program kerja sebagai pedoman;
    • Mengadakan kerjasama dengan unit kerja terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar terjalin kerjasama yang harmonis;
    • Mendistribusikan tugas kepada bawahan dengan memberikan disposisi dan petunjuk teknis pada naskah dinas sesuai bidang tugas agar pekerjaan terbagi habis;
    • Menilai kinerja bawahan sesuai hasil kerja yang dicapai dan juknis penilaian untuk bahan pengembangan karier pegawai;
    • Memberikan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas agar mempedomani prosedur kerja yang ditetapkan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Melaksanakan penetapan jenis dan jumlah kelembagaan penyuluhan disemua level kewilayahan (Kabupaten, Kecamatan dan Desa) sesuai ketentuan yang berlaku untuk tertib administrasi;
    • Melaksanakan penumbuhan dan pengembangan kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha sesuai ketentuan yang berlaku untuk terjalin kegiatan yang harmonis;
    • Melaksanakan identifikasi, pendataan, fasilitasi dan evaluasi kelengkapan struktur kelembagaan penyuluhan pertanian sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelengkapan data kelembagaan penyuluhan;
    • Melaksanakan peningkatan mutu kelembagaan penyuluhan melalui akreditasi maupun lomba sesuai ketentuan yang berlaku untuk peningkatan kelembagaan penyuluhan;
    • Melaksanakan pembinaan terhadap kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha pada semua level kewilayahan (Kabupaten, Kecamatan dan Desa) sesuai ketentuan yang berlaku untuk terjalin kerjasama yang harmonis;
    • Melaksanakan fasilitasi penyusunan Rencana Definitif Kelompok (RDK) dan Rencana Definitif Kabutuhan Kelompok (RDKK) sesuai ketentuan yang berlaku untuk tertib adminsitrasi;
    • Membuat konsep telaahan staf berkenaan dengan permasalahan, penerapan, penyempurnaan dan pengembangan Kelembagaan Penyuluhan sesuai ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Mengevaluasi kegiatan pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan sesuai petunjuk teknis untuk tertib administrasi;
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas sesuai hasil kerja sebagai pertanggungjawaban dan bahan pertanggung jawaban kepada atasan;
    • Melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh atasan sesuai petunjuk pelaksanaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  1. Wewenang :
    • Menyusun rencana kerja Seksi.
    • Menyusun data dan informasi berkenaan dengan kegiatan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan.
    • Memberikan petunjuk dan arahan.
    • Memberikan pertimbangan teknis mengenai kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan.
    • Mengatur pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis yang berkaitan dengan kelembagaan dan ketenagaan penyuluhan.
    • Mendistribusikan tugas.
    • Mengoreksi dan menilai hasil kerja bawahan.
  1. Tanggung Jawab :
    • Keakuratan/ketepatan rencana kerja.
    • Kerahasiaan bidang tugas.
    • Ketepatan data dan informasi.
    • Kenyamanan suasana kerja.
  1. Hasil kerja :
    • Menyusun kegiatan
    • Kerjasama
    • Distribusi tugas
    • Nilai SKP bawahan.
    • Petunjuk pelaksanaan tugas.
    • Data kelembagaan penyuluhan.
    • Pengembangan kelembagaan.
    • Analisis struktur kelembagaan penyuluhan.
    • Peningkatan kelembagaan penyuluhan.
    • Pembinaan kelembagaan.
    • Penyusunan RDK dan RDKK.
    • Evaluasi kegiatan.
    • Laporan pelaksanaan tugas.
    • Pelaksanaan tugas lainnya.