NEWSTICKER
Home / SEKRETARIS

SEKRETARIS

  1. Ringkasan Tugas Jabatan :

Memimpin sekretariat dalam merencanakan, mengatur dan mengawasi terselenggaranya kegiatan perencanaan, pengelolaan keuangan, kepegawaian dan urusan umum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  1. Rincian Tugas Jabatan :
    • Merumuskan kegiatan berdasarkan rencana kerja sekretariat dan program kerja sebagai pedoman;
    • Mengadakan kerjasama dengan unit kerja terkait sesuai ketentuan yang berlaku agar terjalin kerjasama yang harmonis;
    • Mendistribusikan tugas kepada bawahan dengan memberikan disposisi dan petunjuk teknis pada naskah dinas sesuai bidang tugas agar pekerjaan terbagi habis;
    • Menilai kinerja bawahan sesuai hasil kerja yang dicapai dan juknis penilaian untuk bahan pengembangan karier pegawai;
    • Memberikan petunjuk kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas agar mempedomani prosedur kerja yang ditetapkan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pengolahan analisis dan penyajian data sesuai dengan pedoman kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Merencanakan, mengatur dan mengawasi terselenggaranya kegiatan penyusunan perencanaan, rencana kegiatan dan laporan sesuai dengan pedoman kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Merencanakan, mengatur dan mengawasi terselenggaranya pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan pedoman kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Merencanakan, mengatur dan mengawasi terselenggaranya pengelolaan kepegawaian dan perlengkapan serta ketatausahaan sesuai dengan pedoman kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Menyusun rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura berdasarkan analisa jabatan dan analisis beban kerja sebagai bahan dalam perencanaan kepegawaian selanjutnya;
    • Mengevaluasi kegiatan pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan sesuai petunjuk teknis untuk tertib administrasi;
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas sesuai hasil kerja sebagai pertanggungjawaban dan bahan pertanggung jawaban kepada atasan;
    • Melaksanakan tugas lainnya yang diperintahkan oleh atasan sesuai petunjuk pelaksanaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  1. Wewenang :
    • Merumuskan rencana kerja Sekretariat.
    • Merumuskan data dan informasi berkenaan dengan kegiatan perencanaan, keuangan, dan kepegawaian.
    • Memberikan petunjuk dan arahan.
    • Memberikan pertimbangan teknis mengenai perencanaan, keuangan, dan kepegawaian.
    • Mengatur pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis yang berkaitan dengan perencanaan, keuangan, dan kepegawaian.
    • Mendistribusikan tugas.
    • Mengoreksi dan menilai hasil kerja bawahan.
  1. Tanggung Jawab :
    • Keakuratan program kerja Sekretariat.
    • Ketepatan penilaian bawahan.
    • Koordinasi dan kelancaran pelaksanaan tugas.
    • Terselenggaranya tugas-tugas kesekretariatan.
    • Keserasian suasana kerja.
    • Kualitas hasil kerja.
    • Kerahasiaan bidang tugas.
    • Kelayakan distribusi tugas.
  1. Hasil kerja :
    • Menyusun kegiatan
    • Kerjasama
    • Distribusi tugas
    • Nilai SKP bawahan.
    • Petunjuk pelaksanaan tugas.
    • Penyajian data.
    • Program, laporan.
    • Pengelolaan keuangan.
    • Pengelolaan kepegawaian dan ketatausahaan.
    • Rencana kebutuhan pegawai.
    • Evaluasi kegiatan.
    • Laporan pelaksanaan tugas.