NEWSTICKER
Home / Berita Utama / Warga Binaan Lapas Narkoba Karang Intan Dilatih Teknologi Usahatani

Warga Binaan Lapas Narkoba Karang Intan Dilatih Teknologi Usahatani

Enam jenis pelatihan siap dilaksanakan melalui kerja sama antara Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar dengan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Karang Intan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.  Melalui Perjanjian Kerja sama yang telah disepakati dan ditandatangani oleh Ir. H. Muhammad Fachry, MP selaku Kepala Dinas TPH Kab. Banjar dengan Sugito, A.Md, I.P, S.Sos, MA selaku Kepala Lapas Narkotika Klas II Karang Intan, pada tanggal 03 Februari 2020.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Program Pembinaan Kemandirian  Warga Binaan Pemasyarakatan di Bidang Agribisnis.

Dimana yang menjadi tujuan dari kerjasama ini adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan kerja narapidana
  2. Menciptakan tenaga kerja narapidana yang terampil, bersertifikat dan mandiri
  3. Menghasilkan produk yang berkualitas dan mengutamakan potensi kerja local serta mempu bersaing dengan produk lainnya.
  4. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kegiatan kerja narapidana
  5. Menghasilkan pemasukan bagi negara berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Obyek pelatihan yang akan dilaksanakan meliputi pelatihan Budidaya padi, Budidaya Sayuran sistem hidroponik, Budidaya Buah Semangka dan Melon, Budidaya Rempah dan olahannya, Budidaya Jamur Tiram, serta Budidaya Sayuran Pekarangan. Masing – masing jenis pelatihan ini akan dilaksanakan selama 12 kali pertemuan dengan lama pembelajaran tiap pertemuan 3 jam. Nara Sumber yang akan mengawal kegiatan pelatihan ini berasal dari jajaran DTPH Kab. Banjar yang melibatkan para tenaga fungsional yang mumpuni di bidangnya dan dari praktisi / pelaku usaha. Kegiatan akan lebih banyak praktek langsung kelapangan tanpa meninggalkan pembekalan secara teori.

Sebagai langkah awal, pada hari Rabu 24 Juni 2020 bertempat di Kantor Lapas Narkotika Klas II Karang Intan, secara resmi telah dimulai pelatihan tersebut. Sebagai pembukanya diawali dengan pelatihan Budidaya Sayuran system hidroponik. Acara dibuka oleh Kepala Lapas Narkotika Klas II Karang Intan dan dihadiri Kepala DTPH Kab. Banjar beserta jajaran kedua belah phak. Pada kesempatan ini kepala Lapas menyampian apresiasi yang tinggi karena ketersediaan pihak DTPH yang telah berkenan menjalin kerjasama memberikan materi bimbingan ketrampilan bagi warga binaan serta telah ikut berperan dalam pengembangan kegiatan para narapidana dalam bentuk pelatihan di bidang agribisnis.

Kepala Dinas DTPH juga berpesan, semoga semua jenis pelatihan yang diberikan akan memberikan manfaat bagi warga binaan. Dapat dijadikan bekal untuk hidup mandiri apabila nanti pada waktunya kembali ke masyarakat. Paling tidak untuk mencukupi keperluan sendiri, syukur-syukur dapat dijadikan sebagai mata pencaharian. Karena usaha di bidang pertanian masih sangat menjanjikan, apabila dilakukan secara benar dan serius. (Kiky)

Check Also

Kementan Kunjungi Lahan Rawa Kertak Hanyar, Stok Gabah Kabupaten Banjar Aman

Menteri Pertanian RI DR.H.Syahrul Yasin Limpo, SH, M. Si, MH melakukan kunjungan kerja di Kalimantan …