NEWSTICKER
Home / Berita Utama / KABUPATEN BANJAR KEMBALI DAFTARKAN 6 VARIETAS DURIAN UNGGUL LOKAL KAB. BANJAR

KABUPATEN BANJAR KEMBALI DAFTARKAN 6 VARIETAS DURIAN UNGGUL LOKAL KAB. BANJAR

Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah sentra Durian yang ada di Provinsi Kalimantan. Berbagai macam varietas durian terdapat di kabupaten ini. Bahkan varietas durian unggul sudah ada yang menjadi varietas unggul nasional diantaranya ada Si Dodol, si Jampang, si Hijau dan si Penganten.

Melihat potensi tersebut Pemerintah Kabupaten Banjar terus berkomitmen untuk mengembangkan varietas unggul lokal sesuai potensi buah-buahan setempat termasuk melakukan pemeliharaan tanaman dan kebun secara intensif.
Sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan keunggulan buah lokal pemerintah kabupaten banjar mendaftarkan varietas durian unggul ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) pusat sehingga varietas unggul tersebut bisa mendapatkan sertifikat paten.

Sebelumnya pada 22 Agustus 2018 yang lalu pemkab banjar telah menerima sertifikat Tanda Daftar Varietas Durian Unggul Lokal Kab. Banjar yang diserahkan oleh Kepala PPVTPP Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal, MSi, kepada Bupati Banjar H Khalillurahman. Varietas yang didaftarkan diantaranya ada varietas Bamban Birin, Varietas Gantang 88,Varietas Kuning Janar, Varietas Penyangat Kuning, Varietas Idangan Biih, Varietas Dodol Mascinta, Varietas Gading, Varietas Hintalu.

Pada tahun ini pemerintah kabupaten banjar kembali medaftarkan varietas durian unggulnya. Kali ini ada 6 varietas yang didftarkan diantaranya Varietas Si Lasung, Varietas Tayut, Varietas Si Puteri, Varietas Tawakal, Varietas Bamban Balau, dan Varietas Si Gaguling. Kegiatan penyerahan Tanda Daftar Varietas Durian Unggul ini dilaksanakan pada acara Festival Durian Kabupaten Banjar, 8 Januari 2020, di Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan.

Dalam gelaran festival durian tersebut Bupati Banjar H. Khalilurrahman mengatakan Kontes Durian ini tidak mustahil akan digelar di tingkat nasional. Disebutnya durian-durian yang ada di Kontes Durian Mandikapau Barat merupakan durian milenial. Dia juga mengharapkan dengan digelarnya Festival Durian ini, selain mencari varietas lokal durian untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional. Juga untuk memotivasi masyarakat petani yang berada di daerah sentra produksi buah-buahan. (riza)

Check Also

Tingkatkan Produktivitas Petani, Dinas TPH Banjar Beri Pelatihan Perbanyakan Buah Eksotik Banjar

Kabupaten Banjar memiliki keragaman genetik buah Mangga Golongan Kasturi (Mangifera casturia Dilmiana) yang tinggi. Dinas …