NEWSTICKER
Home / Berita Utama / WORKSHOP E-PROPOSAL UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERTANIAN TAHUN 2021

WORKSHOP E-PROPOSAL UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERTANIAN TAHUN 2021

Kementerian Pertanian mengadakan kegiatan workshop e-proposal untuk perencanaan tahun 2021 di Hotel Novotel Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (6/02/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari SKPD yang bergerak dibidang pertanian dari seluruh Provinsi/Kab/Kota Regional Jawa-Kalimantan.

Acara pembukaan yang digelar pada kamis malam itu dibuka oleh PLH Dinas Pangan,Tanaman Pangan dan Hortikultura Bapak Martinus Pattiwael. Dalam Sambutannya beliau mengatakan dalam Rancangan RPJMN 2020-2024 sektor pertanian diberikan target pertumbuhan PDB sebesar 3,8-3,9% dengan fokus pada program prioritas nasional yaitu Peningkatan Ketersediaan, Akses dan Kualitas Konsumsi Pangan. Renstra 2020-2024 Kementerian Pertanian memiliki sasaan yaitu Pertanian Maju, Mandiri dan Modern. Melalui strategi Meningkatkan Kesejahteraan Petani, Mewujudkan Ketahanan Pangan, dan Meningkatkan Daya Saing Komoditas Pertanian.

Martinus berharap dengan adanya workshop ini daerah mendapatkan arah yang jelas tentang program dan kegiatan Kementerian Pertanian yang di rancang dan dilaksanakan di daerah saudara (top down policy) dan dapat segera menyelaraskan dengan pelaksanaan kegiatan di daerah yang bersumber biaya non APBN.

Acara workshop e-proposal ini dilaksanakan selama dua hari dan dibagi menjadi tiga sesi kegiatan. Sesi pertama adalah penyampaian arah kebijakan pembangunan pertanian yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kebijakan dan Program Dr.Rani Mutiara yang kemudian dilanjutkan penyampaian program,kegiatan dan anggaran dari Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Horti, dan BPPSDMP.

Keesokan harinya dilaksanakan sesi kedua yakni penyampaian program,kegiatan dan anggaran dari ditjen Perkebunan, Badan Ketahanan Pangan, Ditjen PSP, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan serta penyampaian Prosedur Dan Sistematika Penyusunan Masterplan Dan Action Plan Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi.

Untuk sesi ketiga materi yang disampaikan adalah teknis aplikasi e-proposal tahun 2021 yang mana para peserta dibagi menjadi tiga kelas yakni kelas 1 terdiri dari daerah jawa timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan papua barat. Kelas 2 terdiri dari daerah Jawa Tengah, DKI Jakarta,Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua. Dan kelas 3 ada Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Maluku, dan Maluku Utara.

Kasubag Program Kementerian Pertanian M.Iksan selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan total ada 400 peserta yang hadir dalam kegiatan workshop tersebut. Dia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu dan mendukung penyelenggaraan workshop ini. (toleedy)

Check Also

KONTES DURIAN PROVINSI KALSEL, KABUPATEN BANJAR RAIH JUARA UMUM

Kemeriahan warga pecah ketika Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan meresmikan Acara Makan Durian …