NEWSTICKER
Home / Berita Utama / KONTES DURIAN PROVINSI KALSEL, KABUPATEN BANJAR RAIH JUARA UMUM

KONTES DURIAN PROVINSI KALSEL, KABUPATEN BANJAR RAIH JUARA UMUM

Kemeriahan warga pecah ketika Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan meresmikan Acara Makan Durian Gratis bersama Paman birin sekaligus acara Kontes durian dan Kontes Buah Eksotik Lokal di Kiram Park, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar (18/01/2020).

Terhitung sekitar 43.000 buah durian telah disediakan oleh panitia untuk seluruh warga dari berbagai penjuru Kalimantan selatan yang hadir  untuk menikmati durian gratis.

Dari keterangan yang didapat dari panitia acara, diperkirakan warga yang hadir untuk menikmati durian gratis pada acara tersebut mencapai 24.000 orang. Itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang memenuhi kiram park dan antrean panjang dijalan menuju kiram park.

Sebagai salah satu kegiatan utama pada acara tersebut yakni kontes durian dan pameran buah eksotik yang diikuti oleh kabupaten daerah yang ada dikalimantan selatan. Kabupaten Banjar sebagai tuan rumah tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi mengirimkan peserta kontes durian dan beberapa buah eksotik yang ada dikabupaten banjar.

Dari beberapa buah durian yang di daftarkan kabupaten banjar menyabet gelar juara tiga untuk kelas durian yakni durian si kampat dari desa mandikapau barat, sedangkan untuk kelas bebas (open class) kabupaten banjar menjadi juara umum diantaranya ada Durian Si Kuning Dari Balau (Juara 1), Durian Ramania Dari Abirau (Juara 2), Durian Si Gotek Dari Biih (Juara 3), Durian Si Balik Dari Balau (Juara 6), Durian Si Gundul Dari Balau (Juara 7), Durian Si Wakap Dari Balau (Juara 8), Durian Si Anang Padang Panjang (Juara 9), dan Durian Karanga Dari Balau (Juara 10).

Dari Kategori buah eksotik buah asam pinari dari desa kelampayan dinobatkan sebagai buah eksotik terunik. Selain itu ada beberapa buah eksotik lain yang meraih penghargaan ada tampang susu yang dinobatkan sebagai buah eksotik terlangka dan palajau yang dinobatkan sebagai buah eksotik terenak.

Melihat dari jumlah peserta dan jumlah durian pada acara tersebut Lembaga Prestasi Indonesia Dunia memberikan penghargaan kepada Kalimantan Selatan atas keberhasilan menggelar acara makan durian dengan peserta terbanyak dan buah terbanyak. (Riza)

Check Also

PETANI DI KECAMATAN GAMBUT LAKSANAKAN GERAKAN PENGENDALIAN OPT

Di tengah pandemi covid-19, usahatani padi tetap harus berjalan. Pada musim tanam MK. 2020, dimana …