NEWSTICKER
Home / Berita Utama / SUKSESKAN SERASI, DINAS TPH KAB. BANJAR LAKUKAN GERAKAN PERCEPATAN TANAM

SUKSESKAN SERASI, DINAS TPH KAB. BANJAR LAKUKAN GERAKAN PERCEPATAN TANAM

Dalam rangka mensukseskan program #SERASI di Kabupaten Banjar, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar adakan kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Padi di Lokasi Serasi di Desa Cintapuri Kec. CIntapuri Darussalam Kabupaten Banjar Selasa (19/11/2019).

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana yang dalam hal ini mewakili Bupati Banjar. Selain itu turut berhadir pula Kepala Dinas TPH Kab. Banjar, Kepala Dinas TPH Prov.Kalsel, Danramil, TP4D Kejaksaan Negeri Kab. Banjar, Kapolsek Simpang Empat, Camat, dan para pejabat Eselon Dinas TPH Kab. Banjar.

Kepala Dinas TPH Kab. Banjar Ir. H. Muhammad Fachry menjelaskan dalam sambutannya memaparkan bahwa inti dari Serasi adalah perbaikan infrastruktur yakni dengan normalisasi air, pembuatan tanggul, pembuatan pintu air, jembatan, pompa air dan sebagainya. Sehingga Indeks Penanaman dari semula sekali menjadi dua sampai tiga kali. Selain itu untuk mendukung program ini diberikan bantuan langsung kepada petani melalui Unit Pelaksana Kegiatan Kelompok (UPKK).

“Dari depan sudah kita saksikan bersama sudah ada kegiatan normalisasi saluran, ada pembuatan tanggul, pembuatan jembatan, pengolahan tanah dan penaburan kapur” tandasnya.

Ir. H. Syamsir Rahman, MS Kepala Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan mengingatkan kepada petani agar dapat menggunakan dana #SERASI ini sebaik mungkin sehingga dana yang didapatkan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu beliau juga menghimbau kepada Kelompok Tani agar selalu kompak dengan anggotanya sehingga dapat terus mengembangkan usaha taninya.

Pada kesempatan ini diadakan pula pengukuhan beberapa Kelompok Tani yang dalam hal ini dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Y mewakili Bupati Banjar. Dalam sambutannya beliau memberi pesan kepada seluruh kelompok Tani untuk mengajak para generasi muda untuk dapat mencintai usaha dibidang pertanian.

“Ajaklah para generasi muda dan anak keturunan kita untuk selalu mencintai bidang usaha pertanian, sehingga petani milenial semakin bertumbuh kembang di Kabupaten Banjar. Banyak Teknologi pertanian yang bisa dimanfaatkan yang mengubah pertanian tradisional menjadi modern”

Beliau juga berharap dengan adanya Gerakan Percepatan Tanam Padi dilokasi #SERASI ini dapat memacu semangat dan memotivasi baik petugas maupun petani di Kabupaten Banjar untuk segera melakukan percepatan tanam dan bersama-sama mensukseskan Program #SERASI di Kabupaten Banjar.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan pembagian bantuan saprodi kepada kelompok tani dan pemberian hadiah kepada para petani. (toleedy)

Check Also

KONTES DURIAN PROVINSI KALSEL, KABUPATEN BANJAR RAIH JUARA UMUM

Kemeriahan warga pecah ketika Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan meresmikan Acara Makan Durian …