NEWSTICKER
Home / Berita Utama / DUKUNG PENGUATAN EKSISTENSI KELEMBAGAAN PETANI, PEMERINTAH KAB. BANJAR KUKUHKAN 70 KELOMPOK TANI

DUKUNG PENGUATAN EKSISTENSI KELEMBAGAAN PETANI, PEMERINTAH KAB. BANJAR KUKUHKAN 70 KELOMPOK TANI

Kesuksesan pembangunan dibidang pertanian tidak lepas dari kerja keras dari para Kelompok Tani yang ada di desa-desa. Kelompok Tani memegang peranan penting dalam keberhasilan pembangunan pertanian yang merupakan penggerak utama dan ujung tombak untuk mencapai kemajuan pertanian.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banjar mengukuhkan puluhan kelompok tani yang ada di desa cintapuri kecamatan cintapuri Darussalam, Selasa (19/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan diadakannya kegiartan percepatan tanam padi dilokasi #SERASI.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. H. Muhammad Fachry, MP mengatakan ada sekitar 70 Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Cintapuri Darussalam yang dikukuhkan. Jumlah tersebut terdiri dari Kelompok Tani Kelas Pemula sebanyak 39 Kelompok, Kelompok Tani Kelas Lanjut sebanyak 30 Kelompok, dan Kelompok Tani kelas madya sebanyak 1 kelompok.

Kegiatan Pengukuhan Kelompok Tani ini dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana yang dalam hal ini mewakili Bupati Banjar. Saat memberikan sambutan beliau mengatakan bahwa Kelompok Tani merupakan pelaku utama pembangunan pertanian. Pemerintah akan terus mendukung upaya pembinaan dan pemberdayaan kelomp tani, karena menurutnya kelompok tani merupakan aset berharga bagi pembangunan kabupaten banjar.

Beliau juga memberi pesan kepada seluruh kelompok Tani untuk mengajak para generasi muda untuk dapat mencintai usaha dibidang pertanian.

“Ajaklah para generasi muda dan anak keturunan kita untuk selalu mencintai bidang usaha pertanian, sehingga petani milenial semakin bertumbuh kembang di Kabupaten Banjar. Banyak Teknologi pertanian yang bisa dimanfaatkan yang mengubah pertanian tradisional menjadi modern” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan bantuan langsung dari pemerintah kabupaten banjar kepada petani berupa benih, pupuk dan herbisida. (retno-edy)

Check Also

Hand Sanitizer, Air Bunga Mawar dan Melati Strategi Dinas TPH Kab. Banjar pertahankan perekonomian Petani Bunga disaat Pendemi Covid 19

Kabupaten Banjar merupakan Salah satu sentra pengembangan Melati dan Mawar di Indonesia bahkan satu-satunya di …