NEWSTICKER
Home / Berita Utama / Penyuluh Pertanian Kab. Banjar rayakan panen padi dilokasi Demfarm Serasi

Penyuluh Pertanian Kab. Banjar rayakan panen padi dilokasi Demfarm Serasi

Puluhan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan beberapa petani kabupaten banjar hadiri kegiatan panen perdana di lokasi Demfarm Serasi desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan.

Kegiatan Ini dilaksanakan pada hari rabu, 06 November 2019 dan dihadiri oleh perwakilan menteri pertanian yang pada kali ini diwakilkan oleh Kepala Pusat Penelitian Pembangunan Perkebunan (Puslitbangbun) Kementerian Pertanian Bapak DR. Fajri Jufri serta dihadiri juga oleh Dirjen PSP Bapak DR. Sarwo Edhy, SP, MM, kemudian Kepala Badan Litbang Kalsel, Kepala Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan yang dalam hal ini sekaligus mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, serta para stake holder lainnya.

Seperti yang kita ketahui Desa Jejangkit Muara merupakan Eks Venue Hari Pangan Nasional tahun 2018 yang lalu. Daerah ini merupakan lahan rawa yang dikenal dengan tingkat keasaman airnya yang tinggi. Tahun ini pemanfaatan lahan rawa daerah ini masih terus dilanjutkan dengan membuat demfarm dan merupakan bagian program #SERASI yang digalakan oleh pemerintah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan pada sambutannya bahwa “Dulunya disini berupa semak dan bumbung setinggi badan manusia, Alhamdulillah sekarang sudah dibuka dan dimanfaatkan untuk dapat membantu mengisi perut warga Kalimantan dan yang dulunya tanam padi Cuma 1 kali dalam setahun sekarang sudah bisa tanam 2-3 kali dalam satu tahun” tuturnya.

Fajri Jufri mengatakan “Pada umumnya di daerah Kalimantan terdapat kurang lebih 10 juta Ha lahan rawa, diantaranya 7 juta lahan rawa lebak dan 2,9 Juta lahan rawa pasang surut, dan sangat bagus potensinya untuk dikembangkan dan dimanfaatkan”.

“Lahan-lahan yang sudah dibuka harus terus dioptimalkan, selain itu petani juga harus sudah mandiri, harus bisa memanfaatkan potensi yang ada untuk kebutuhan diri sendiri, selain itu petani juga harus modern dengan menggunakan teknologi-teknologi pertanian yang ada untuk membantu pekerjaan”, Tambahnya

Lebih lanjut Fadry menanbahkan areal Demfarm SERASI ini merupakan implementasi seluruh paket teknologi terpadu hasil Balitbangtan, terutama terkait dengan teknologi budidaya padi yang dipadukan dengan budidaya hortikultura, budidaya itik, dan budidaya ikan, serta sistem kelembagaannya

Pada Kesempatan Kali ini juga Kementerian memberikan bantuan Alsintan Pertanian yang diserahkan langsung oleh DR. Fajri Jufri kepada petani diantaranya ada Combine Harvester, Mesin Perontok dan lain-lain.

Kegiatan diawali dengan pemanenan padi oleh Dirjen PSP Bapak DR. Sarwo Edhy dengan menggunakan alat panen padi (combine Harvester) kemudian dilanjutkan dengan meninjau beberapa kolam ikan dan kandang bebek di sekitar area demfarm.

Ketua Panitia Pelaksana Panen Padi melaporkan jumlah peserta yang hadir pada kesempatan kali ini kurang lebih 2.200 orang yang terdiri dari petani, penyuluh, Peneliti Pemerintah Daerah, Para Pengambil Keputusan dan masyarakat lainnya. (Toleedy)

Check Also

Hand Sanitizer, Air Bunga Mawar dan Melati Strategi Dinas TPH Kab. Banjar pertahankan perekonomian Petani Bunga disaat Pendemi Covid 19

Kabupaten Banjar merupakan Salah satu sentra pengembangan Melati dan Mawar di Indonesia bahkan satu-satunya di …