NEWSTICKER
Home / Berita Utama / Cara Pengendalian Lalat Buah

Cara Pengendalian Lalat Buah

Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah sentra tanaman jeruk di Kalimantan Selatan. Bahkan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura berkomitmen pada tahun 2020 akan menjadikan kabupaten banjar menjadi salah satu daerah agrowisata tanaman jeruk.

Dalam membudidayakan tanaman jeruk tentunya ada beberapa tantangan hama yang akan dihadapi salah satunya adalah Lalat buah (Bactrocera spp), merupakan salah satu hama penting pada jeruk. Kerusakan yang ditimbulkan oleh larvanya akan menyebabkan gugurnya buah sebelum mencapai kematangan yang diinginkan.

Ciri-ciri buah yang terkena serangan lalat buah diantaranya yaitu pada buah terdapat lubang kecil dibagian kulitnya. Kemudian terdapat perubahan warna kulit disekitar sengatan dan pembusukan buah lebih cepat. Lubang kecil yang terdapat pada kulit disebabkan oleh larva lalat buah yag hidup di dalam buah yang hampir masak sehingga menyebabkan buah menjadi busuk. Apabila dibelah pada daging buah terdapat belatung-belatung kecil yang biasanya meloncat apabila tersentuh.

Hama satu ini juga menyerang pada tanaman jeruk. Serangan biasanya pada saat buah menjelang masak karena menarik bagi lalat buah.

Pengendalian lalat buah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Melakukan sanitasi kebun dalam 3 tahapan atau cara. Yang pertama yaitu dengan mengumpulkan buah busuk dan dimasukkan dalam tong yang berisi air yang ditutup rapat dengan plastik untuk mematikan larva yang muncul dari buah busuk. Dalam waktu 2 sampai 3 hari larva akan mati.
  2. Mengumpulkan buah kedalam plastik selanjutnya diikat rapat sampai tidak ada udara masuk. Tujuannya untuk mematikan larva dalam waktu 4-5 hari.
  3. Memusnahkan lalat buah dengan penyemprotan menggunakan insektisida yang bersifat kontak agar tidak menjadi residu dalam buah

Pengendalian lalat buah akan berhasil apabila dilakukan secara serentak dalam satu kawasan. Selain itu cara ini bisa juga diterapkan pada tanaman lain selain tanaman jeruk.

Penulis : Edy

Sumber : http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/

Check Also

Hand Sanitizer, Air Bunga Mawar dan Melati Strategi Dinas TPH Kab. Banjar pertahankan perekonomian Petani Bunga disaat Pendemi Covid 19

Kabupaten Banjar merupakan Salah satu sentra pengembangan Melati dan Mawar di Indonesia bahkan satu-satunya di …