NEWSTICKER
Home / Berita Utama / PANEN DEMPLOT PADI DILAHAN PERCONTOHAN BPP MARTAPURA BARAT

PANEN DEMPLOT PADI DILAHAN PERCONTOHAN BPP MARTAPURA BARAT

Rabu (18/09) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) mengadakan acara syukuran panen demplot padi di lahan percontohan BPP Martapura Barat Desa Sungai Rangas Hambuku. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Ir. H. Muhammad Fachry, MP, Kabid Penyuluh Pertanian,Kabid TPH, Kabid Teknologi, Perwakilan Kodim 1006 Martapura dan Polres Banjar, dan undangan lainnya.

Panen ini merupakan hasil dari Demontration Plot (Demplot) tanaman padi unggul Varietas Ciherang dengan sistem jarwo 4 : 1 di lahan percontohan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martapura Barat, dan juga merupakan hasil kerjasama dengan produsen pupuk yang merupakan salah satu inovasi baru dalam pemupukan dan pembenah tanah konvesional yang sudah sering diterapkan pada pertanian.

Ir. H. Muhammad Fachry dalam sambutannya menyampaikan “Demplot panen padi unggul varietas Ciherang di lahan BPP ini, hasil dari kerjasama kita dengan distributor produksi pupuk, BeKa dan Pomi yang merupakan teknologi baru pemupukan dan pembenahan tanah, yang sudah diaplikasikan, dan Alhamdulillah, menghasilkan di lokasi percontohan ini berhasil mendapat produktivitas gabah kering 15 belek perborong” ujarnya.

Acara ini diawali dengan pemanenan padi secara simbolis yang dilakukan oleh Sekda Kab. Banjar dan didampingi Kadis TPH Kab. Banjar, kabid TPH, Kabid Penyuluh Pertanian, Kabid Teknologi Pertanian, perwakilan Kodim, perwakilan polres dan penyuluh pertanian dan beberapa kelompok tani.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman ungkapkan rasa syukur dan bangga karena pada musim kemarau yang panjang, sukses melaksanakan panen demplot padi unggul.

“Walaupun pada saat ini kita merasakan musim kemarau yang panjang dengan suhu udara yang panas, tetapi dengan kerja keras alhamdulillah panen demplot padi varietas ciherang yang berada dilahan percontohan BPP Martapura Barat pada hari ini dapat dilaksanakan dengan sukses”, katanya.

Beliau juga berharap kegiatan Demontration plot ini untuk dapat dilakanakan secara berkelanjutan agar dapat menjadi contoh kepada masyarakat. “Dengan percontohan yang dilakukan dengan memanfaatkan varietas unggul dapat meningkatkan hasil produksi sehingga menjadi contoh kepada masyarakat agar kesejahteraan masyarakat meningkat,”ungkapnya.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan diskusi tanya jawab dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian atau Alsintan yang diberikan secara simbolis oleh Sekda Banjar kepada Perwakilan Kelompok Tani. (edy)

Check Also

KONTES DURIAN PROVINSI KALSEL, KABUPATEN BANJAR RAIH JUARA UMUM

Kemeriahan warga pecah ketika Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalimantan Selatan meresmikan Acara Makan Durian …