NEWSTICKER
Home / Berita Utama / PENYULUH KAB.BANJAR MENGIKUTI  SOSIALISASI SEKOLAH LAPANG IKLIM

PENYULUH KAB.BANJAR MENGIKUTI  SOSIALISASI SEKOLAH LAPANG IKLIM

Sebagaimana diketahui bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara rutin menyiapkan informasi iklim, seperti Prakiraan musim hujan/ kemarau, analisis dan prakiraan hujan bulanan yang diharapkan bermanfaat untuk mendukung berbagai kegiatan, terutama sektor pertanian.

Informasi tersebut memuat berbagai batasan kriteria, terminologi, serta istilah teknis yang belum banyak dipahami oleh para pengguna, sehingga pemanfaatannya belum optimal, bahkan seringkali salah menginterpretasikan dalam menggunakan informasi tersebut.

Dalam rangka Peningkatan pemahaman informasi iklim BMKG melalui Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru melaksanakan Sekolah lapang Iklim (SLI)-Sos Agriklimat  pada tanggal 3 – 4 September 2019 di Grand dafam Banjarbaru. Peserta berjumlah 25 orang terdiri dari 19 orang PPL Sekalsel, 3 orang POPT, 1 orang Penyuluh Kehutanan dan 2 orang ketua Kelompok tani.

Kegiatan SLI dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Agroklimat BMKG Bapak D rs. Herizal,M.Si hadir dalam acara pembukaan perwakilan Dinas TPH Prov.kalsel, Dinas Kehutanan dan Dinas Ketahanan Pangan.

Metode Pembelajaran untuk orang dewasa dikemas dalam bentuk ceramah santai dan penugasan berkelompok beberapa simulasi/ permainan sehingga peserta tidak merasa bosan dan selalu merasa tertantang untuk menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan oleh pemateri. Selain Teori dan simulasi  cara menentukan pola tanam peserta juga dikenalkan dengan berbagai alat ukur cuaca dalam kegiatan fieldtrip ke Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru. Dua orang Penyuluh Pertanian Kab.banjar  Dwi Retnani,SP dan Fitriani, SP yang berkesempatan mengikuti kegiatan SLI ini merasa sangat beruntung dan berharap dapat memanfaatkannya untuk menyusun pola tanam petani khususnya diwilayah Kabupaten Banjar. (Dwi_KJF)

Check Also

Hand Sanitizer, Air Bunga Mawar dan Melati Strategi Dinas TPH Kab. Banjar pertahankan perekonomian Petani Bunga disaat Pendemi Covid 19

Kabupaten Banjar merupakan Salah satu sentra pengembangan Melati dan Mawar di Indonesia bahkan satu-satunya di …