NEWSTICKER
Home / Berita Utama / SYUKURAN DIMULAINYA PANEN PADI DI AREA PILOT PROJECT #SERASI 2018 DESA TAJAU LANDUNG KECAMATAN SUNGAI TABUK

SYUKURAN DIMULAINYA PANEN PADI DI AREA PILOT PROJECT #SERASI 2018 DESA TAJAU LANDUNG KECAMATAN SUNGAI TABUK

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab Banjar menggelar Syukuran Panen Padi di Lokasi Pilot Project Serasi 2018 Rabu (03/07) di Desa Tajau Landung Kec. Sungai Tabuk Kab. Banjar. Acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas TPH Kab.Banjar, Kabid TPH Dinas TPH Kab. Banjar, Kabid Penyuluh Pertanian Dinas TPH Kab. Banjar, Perwakilan dari KJF Dinas TPH, Kapolsek Sungai Tabuk, Danramil, Kepala BPP Kec. Sungai Tabuk, Camat Sungai Tabuk dan Perwakilan dari Balitbang Pertanian Pusat. Acara ini merupakan bentuk simbolis dimulainya Panen Padi di Lokasi Pilot Project #SERASI yang ada di Kabupaten Banjar.

Seperti yang sudah diketahui  Kemeterian Pertanian mengalokasikan pilot projeck kegiatan #SERASI pada tahun 2018 di 2 (dua) Propinsi yaitu Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan, secara khusus di Kalimantan Selatan pilot project kegiatan #SERASI dilaksanakan di Kabupaten Banjar dengan luas lahan 200 ha yang terdapat di Kecamatan Sungai Tabuk Desa Tajau Landung dan Desa Keliling Benteng. Kegiatan ini dimulai pada bulan Desember tahun lalu kemudian dilanjutkan tanam pada bulan maret 2019 sehingga pada bulan ini tanaman tersebut dapat dipanen.

Ir. H. Muhammad Fahry, MP mengatakan dari taget tanam 200 ha telah berhasil tertanam padi sebanyak 200 ha yang diantaranya kurang lebihg 60 ha ditanam padi unggul dan sisanya ditanami padi lokal.  Beliau juga menambahkan sesuai dari laporan dari kepala BPP pada bulan Oktober direncanakan akan dilanjutkan tanam kedua dan langsung ditanami dengan padi unggul, setelah itu dilanjutkan dengan tanam padi lokal sehingga peningkatan target indek tanam dua kali dalam setahun akan terlaksana.

Selain itu Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan terus berkomitmen memperbaiki  dan menyempurnakan Infrastruktur agar kendala-kendala seperti pengelolaan tata air akan segera diperbaiki dan disempurnakan diantaranya perbaikan tanggul-tanggul, saluran air dan pintu-pintu air. Ini merupakan bukti komitmen pemerintah kabupaten Banjar demi mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai salah satu daerah umbung padi di Provinsi Kalimantan Selatan. (Edy)

Check Also

Mengenal Bujangseta di Tlekung

Salah satu rangkaian kegiatan diklat teknis budidaya dan penanganan OPT pada padi, jeruk dan cabai, …