NEWSTICKER
Home / Berita Utama / PENERPAPAN BIRGADE ALSINTAN BANJAR

PENERPAPAN BIRGADE ALSINTAN BANJAR

Puluhan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian RI ke Kab Banjar, Kepala Dinas Tanam Pangan dan Holtikultura Kab Banjar Ir. H. M Fachry, MP mengatakan semua alsintan yang didapat dari pusat akan kita kelola melalui Birgade Alsintan Daerah.

Kab Banjar bisa dikatakan salah satu kabupaten yang mendapatkan jatah lebih banyak dari daerah lain. Itu dikarenakan dari luas lahan pertanian banjar, perhatian kepala daerah ke sektor pertanian, dan kinerja dari sektor pertanian di desa.

Alsintan takkan diserahkan langsung ke kelompok tani. Bantuan dari pusat langsung diserahkan ke pemerintah kabupaten kota melalui brigade alat mesin pertanian (alsintan). Petugas itulah nanti yang akan memberikan pinjam pakai ke para petani atau nanti akan disiapkan operator alsintan yang akan membantu para petani.

“Brigade nanti bisa saja turun untuk membantu kelancaran pertanian petani dengan membantu menjadi operator alsintan.

Dengan semakin banyaknya alsintan yang diberikan dari Kementan ia berharap nasib para penggarap lahan pertanian semakin baik. Selama ini penggarap mendapatkan bagian lebih kecil karena adanya biaya sewa alsintan atau biaya lain, namun dengan adanya alsintan bantuan dari Kementan maka pembagian hasil anatara penggarap dan pemilik lahan akan lebih merata.(Rz/Hni/Lia)

Check Also

Asam Pinari, Kasturi Bangkok Sumber Daya Genetik Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar sebagai kawasan tropika yang mempunyai banyak zona vegetasi sumberdaya hayati dan keanekaragaman yang …